Rabu, 10 April 2013

Apa itu kapal pesiar

 KAPAL PESIAR...
Mungkin banyak diantara anda yang belum paham betul apa sih itu kapal pesiar ?
Kami akan terangkan sedikit apa itu kapal pesiar :

Kapal Pesiar & Fasilitas yang tersedia di kapal pesiar
Kapal pesiar hampir sama persis dengan Hotel, ada yang berukuran besar dengan kapasitas antara 1500 sampai 3600 penumpang, ada juga yang berukuran sedang antara 450 sampai 1000 an penumpang dan ada juga yang berukuran kecil di bawah 400an penumpang. Nah masing masing perusahaan juga mempunyai target  market yang berbeda-beda, contohnya Disney cruise line kebanyakan penumpangnya adalah keluarga dengan anak anak, sedangkan Carnival Cruise Line mengusung tema Fun Ship yang artinya lebih mengedepankan party- party dengan menyuguhkan tarian atau kegiatan yang membuat tamu senang atau fun. Sedangkan Holland America Line mayoritas penumpangnya adalah pensiunan dan kebanyakan dari mereka adalah repeater atau yang sudah melakukan cruise berulang ulang. Kebanyakan kapal pesiar yang berukuran kecil mereka menonjolkan kemewahan atau luxury dari fasilitas dan service yang disajikan perusahaan tersebut. Seperti contoh Seabourn cruise line, Cristal cruises, Silversea Cruises, Radisson dan masih banyak  Kapal Pesiar kecil yang mempunyai fasilitas yang sangat Lux dan bertarif sangat mahal

Fasilitas yang umum bisa anda temui di Kapal Pesiar :
1.     Kamar atau dikapal biasa disebut Cabin
Cabin atau kamar yang ada di kapal secara umum bisa dibagi dua yaitu inside( kamar tanpa jendela atau posisinya ditengah-tengah ) dan out side cabin ( kamar yang memiliki jendela karena memang posisinya menghadap ke laut ).
Namun kapal-kapal yang baru di bangun dewasa ini kebanyakan menyediakan kamar outside cabin karena deman yang begitu tinggi dari tamu untuk memesan kamar yang punya jendela yang menghadap kelaut ini. Outside cabin ini dibagi lagi menjadi beberapa katagori yaitu : Consierge, Deluxe, Suite dan Penthouse Suite.
2.    Restaurant atau Dinning room
Restaurant yang umum yang bisa anda temui di setiap kapal pesiar adalah main Dinning room dan Buffet atau biasa disebut Lido Restaurant. Di Lido Restaurant para tamu dapat menikmati makanan hampir all day around, disana juga biasa disediakan Pasta counter,Hamburger dan hotdog, Asian dish, barbeque dan lain sebagainya. Disamping itu masing-masing perusahaan juga mempunyai Restaurant yang menyediakan menu specific seperti Italian Restaurant yang mana Restaurant ini menyediakan Makanan Khusus Italia atau Italian Food, Indonesian Restaurant, Japanese, Chinese dan theme Restaurant lainnya. Ada juga perusahaan yang memiliki Fine Dinning room untuk memberikan kesempatan kepada para tamu untuk menikmati service dan makanan yang berkulitas sangat tinggi. Biasanya untuk menikmati Restaurant ini para tamu diwajibkan untuk memesan atau melakukan Reservasi sebelumnya, dan dikenakan charge yang besarnya bervariasi tergantung dari policy dari masing – masing perusahaan.