Rabu, 10 April 2013

Interview kapal pesiar

Berikut sekedar catatan bagi yang akan menghadapi interview di  kapal pesiar. , terutama anda yang sudah melamar di agent kapal pesiar dan sedang menantikan kedatangan user dari perusahaan kapal pesiar yang anda lamar.

Bagaimana perasaan anda ketika anda lolos interview di agent kapal pesiar? Tentu anda akan senang dan bangga akan hasil yang telah anda capai sejauh ini. namun perjuangan masih amat panjang. proses interview di agent merupakan tahap screening atau seperti penyeleksian tahap awal.

interview yang paling menentukan adalah saat anda bertemu dengan user dari kapal pesiar . walaupun anda lulus interview agent, namun jika saat bertemu user nilainya kurang, anda tentunya akan gagal dan tidak bisa diterima sebagai crew kapal tersebut.

  Disini ada beberapa tips yang akan saya bagikan ke anda, jika anda saat ini sedang menantikan datangnya sang USER dari principal anda. tipsnya antara lain:

1. Coba pergunakan waktu menunggu datangnya user dengan mempelajari pengetahuan seputar pekerjaan yang anda lamar. jangan remehkan sesi belajar ini. karena di banyak kasus, meskipun anda telah bekerja bertahun-tahun di hotel, namun jika tidak mengerti akan teorinya maka anda sama saja dengan tidak bisa apa-apa alias dianggap tidak bisa bekerja oleh si user.

2. Berlatihlah kemampuan bahasa inggris anda, terutama dalam menjelaskan sesuatu yang ada kaitannya dengan pekerjaan anda. perhatikan juga tata bahasa anda. namun intinya adalah anda bisa berkomunikasi. itulah yang dinilai oleh user.

3. Jika besok anda harus bertemu dengan user anda, saya sarankan tidak usah belajar terforsir,  tapi jagalah kondisi kesehatan anda biar kelihatan segar dan fresh ketika berhadapan dengan user. karena persiapan belajar seharusnya sudah anda lakukan jauh jauh hari sebelumnya.. kini saatnya anda untuk mempersiapkan kata-kata saat anda disuruh "please introduce your self!". usahakan untuk telah hafal dengan apa yang akan anda katakan dengan suruhan ini. buatlah dalam selembar kertas dan hafalkan. (kemungkinan ditanyakan adalah 80%)

4. Ketika anda  bertemu dengan user, gunakanlah seragam yang rapi dan bersih. jangan lupa untuk menggunakan deodorant. agar anda terkesan lebih segar.

5. Hindari gugup atau grogi usahakan untuk relax saat menjawab pertanyaan demi pertanyaan dari user. jika anda merasa tegang, segera tarik nafas sedikit dan hembuskan perlahan dengan santai..

6. Waktu anda berbicara dengan user usahakan untuk menjelaskan sembari tersenyum dan penuh semangat. tujuannya agar anda terlihat seperti seorang yang energic.

7. Seandainya anda diberi pertanyaan jangan dijawab singkat. jawablah sepanjang lebar mungkin. tetapi jangan juga ngawur. tetap sesuai dengan konteks. ingat.. sebenarnya user sedang menilai bahasa anda. semakin banyak anda bicara semakin terbuka kesempatan anda untuk lolos.

8. Waktu anda ditanya tentang motivasi kerja di kapal pesiar, jawablah dengan jujur..! bilang saja karena gaji yang didapatkan disana 2x, 3x atau 4x lipat dari gaji saya sekarang. tidak usah menjawab karena bisa jalan-jalan.. bisa ini.. itu.. hal itu malah bisa menyebabkan user berpikir anda tidak serius bekerja.

9. Terakhir dan tak kalah pentingnya adalah berdoa kepada tuhan yang maha esa agar bisa diberikan kemudahan dalam interview dengan user.