Rabu, 10 April 2013

Gaji kapal pesiar

Berbicara mengenai  gaji memang hal yang sangat sensitif untuk dibicarakan, tapi sekedar untuk pengetahuan buat para pembaca dan buat sharing, akan kami buat ulasan sedikit .

 Untuk basic level/ entry level ( Pemula )biasanya crew akan mendapat gaji antara $500-$800 perbulannya dengan contract renewable selama 8 bulan on dan 2 bulan off dengan ketentuan ticket pesawat dibayar perusahaan. Kok cuman dikit ? Ya karena basic level, meskipun segitu gajinya dari perusahaan, tapi untuk basic level bisa bekerja sampingan dengan membantu entry level posistion untuk menyelesaikan pekerjaannya ( buang sampah, vacum passenger cabin, bersihin bathroom, isi ice cube, ambil towel, dll), hasil akhirnya mereka bisa dapat at least $1500, tergantung kemauan dan kerja kerasnya. Basic level ini biasanya disebut GPA ( General Purpose Attendant ). karena  general bisa jadi di tempatkan  di bagian,  tukang cuci piring, tukang kupas dan potong sayur di dapur, vacuming public area di housekeeping, dst. 

Untuk Entry level position  biasanya perusahaan akan  memberikan gaji $500 setiap bulannya dengan renewable contract 6 bulan on 2 bulan off dengan ketentuan ticket pesawat dari dan ke negara asal dibayar sendiri atau modal sendiri. Juga untuk entry level ini biasanya  buat Crew yang sudah berpengalaman minimal 2 tahun bekerja di kapal pesiar yang profesional di bidangnya ( assistant diningroom steward, diningroom steward,cabin steward, dll). Dengan tipping system setiap tamu yang dilayani wajib memberikan tips/gratuity $3.5/day untuk steward, dan $2.5/day untuk assistantnya ( tergantung policy perusahaan kapal pesiarnya). Pada umumnya para tamu akan memberikan tip/gratuity tersebut pada akhir cruise ( biasanya 7 harian).

Seandainya crew bekerja di restaurant dengan posisi sebagai waiter dengan tamu 40 orang/weeknya mereka bisa mendapat ($3.5x40x7) $980/minggunya. Semua hasil pendapatan  tergantung dari jumlah tamu yang dilayani, dan besarnya tip yang ditentukan perusahaan tersebut perharinya.

Sedangkan untuk posisi entry level tersebut tuntutan profesionalismnya sangat di perhatikan oleh perusahaan  perusahaan akan  memberikan rating card ( kartu kondite kerja crew berdasar level kepuasan tamu dalam menerima pelayanan/service). Untuk para crew yang mempunyai index rating yang bagus akan diberikan jumlah tamu yang sesuai dengan kemampuannya ( untuk orang Indonesia biasanya maximal 22 tamu/ seating bagi crew yang bekerja di diningroom mengingat postur tubuh orang kita yang kebanyakan pendek, tapi kalo posturnya tingi kayak bule dan mempunyai rating bagus bisa mendapat tamu sampai 26/seating), semakin banyak tamu yang dilayani semakin banyak pula uang yang diperoleh. Demikian semoga ini bisa menjadi gambaran buat anda semua.