Minggu, 23 Desember 2012

Peluang Bekerja di Kapal Pesiar

Dunia pariwisata seakan tiada hentinya memberikan peluang bagi mereka yang ingin mengais rejeki dari dunia yang identik dengan dunia plesir ini. Tidak hanya wisata darat, namun wisata laut pun yaitu wisata dengan kapal pesiar yang memiliki gengsi tersendiri juga menjadi primadona. Banyak sekali peluang kerja di kapal pesiar tersedia dengan menjamurnya agent kapal pesiar. Tentu tidak semua agent benar – benar berkomitmen menyalurkan tenaga kerja, namun ada beberapa agent yang hanya berorientasi dengan uang. Jangan sampai nda tertipu oleh oknum yang ingin memanfaatkan situasi dengan membuka lowongan kerja di kapal pesiar.
Selain lewat agent langsung, anda juga bisa mendapatkan peluang kerja di kapal pesiar lewat media masa seperti koran. Atau bahkan anda bisa bertanya langsung kepada orang yang sudah bekerja di kapal pesiar. Gali informasi sebanyak – banyaknya.
Di bawah ini ada beberapa tips dari saya cara memperoleh peluang kerja di kapal pesiar.
Melalui agent kapal pesiar
Jangan melamar pada agent yang belum jelas reputasinya. Pastikan kalau agent tempat anda akan melamar memiliki kantor tetap, ada nomor telepon yang bisa dihubungi. Karna banyak agent kapal pesiar yang fiktif alias tidak memiliki kantor. Biasanya mereka akan memanfaatkan PO BOX sebagai alamat mereka.
Melalui Media Masa (Koran)
Tidak jauh beda dengan cara di atas, pastikan kalau semua yang tertulis pada iklan lowongan memang benar adanya. Jangan mengirimkan surat lamaran yang memakai alamat PO BOX. Hubungi nomor telepon yang tertera untuk memastikan kebenaran iklan lowongan kerja mereka. Hindari mengirimkan surat lamaran kepada agent yang memasang iklan lowongan kerja di media masa hampr setiap hari. Agent seperti ini biasanya hanya akan merekrut tenaga kerja sebanyak mungkin untuk mendapatkan keuntungan. Mereka akan mendapatkan keuntungan dari biaya administrasi, pengurusan dokumen seperti passport, seaman book, BST dan lain sebagainya tanpa ada kepastian keberangkatan.
Melalui internet
Salah satu sumber informasi yang hampir semuanya ada adalah media internet. Hanya dengan mengetikkan satu atau dua kata saja pada search engine seperti google, kita bisa memperoleh ribuan informasi yang kita inginkan. Oleh karna itu banyak orang yang memanfaatkan media internet untuk mempublikasikan informasi, seperti blog info-kapalpesiar.com ini contohnya.
Melalui teman / orang yang bekerja di kapal pesiar
Anda bisa memperoleh informasi dari teman anda yang sudah bekerja di kapal pesiar. Umumnya agent akan mengirimkan email kepada member saat ada perekrutan. Saring informasi yang diberikan jangan langsung mengiyakan, bila perlu cari informasi lebih dari satu orang  dan dari perusahaan yang berbeda. Seperti biasa pastikan semua informasi yang di dapatkan adalah benar, cek alamat dan nomor telepon yang diberikan.